Friday , 27 May 2022
Kabar Ticker

Musrenbang Tingkat Kecamatan Selayar, Fokus Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

KL- Kecamatan Selayar yang tergabung dari empat (4) Desa , gelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dengan ” Tema Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat yang Didukung oleh Kemajuan Kualitas SDM yang Berdaya Saing dan Menerapkan Nilai-nilai Budaya Melayu ” kegiatan dilaksanakan di Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Kecamatan Selayar, Selasa, (08/02/2022.)
Camat Selayar ,H.Abdul Kamar dalam sambutanya menambahkan, Musyawarah perencanaan pembangunan merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan yang bertujuan untuk mengakomodir proposal kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas, atau bawah -ke atas.
Untuk Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tahapan musrenbang kedua setelah dilaksanakan musrenbang tingkat desa dan kelurahan sebelumnya.
Dengan adanya musrenbang tingkat kecamatan ini diharapkan dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan. Sehingga dalam pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Lingga. Khususnya Kecamatan Selaya
Lebih lanjut H.Kamar mengungkapkan, dalam musrenbang kecamatan ini, proposal kegiatan dari tingkat desa akan dilakukan terkait dengan penawaran, baik secara teknis maupun jenis kewenangan dengan Perangkat Daerah terkait dan Bappeda. Dari proses pengaktifan tersebut, akan dihasilkan daftar proposal yang selanjutnya akan dibawa ke proses selanjutnya yaitu Forum Perangkat Daerah yang akan dilakukan sinkronisasi dan pengimplementasian secara lebih lanjut.
H.Abdul Kamar juga berharap “pada momentum Musrenbang tahun 2022 ini, , semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, karena musrenbang ini juga diikuti oleh OPD dari Kabupaten Lingga, oleh karena itu, meskipun menawarkan beberapa prioritas hanya lima proposal, namun dengan kehadiran OPD maupun yang mewakili, kepada masing-masing Kades, dapat melakukan lobi-lobi positif, yang tujuannya adalah agar dapat menjawab keinginan masyarakat kita lebih banyak lagi”.
Untuk itu, kepada seluruh kepala desa Kecamatan Se yang hadir di acara Musrenbang ini, bahwa terkait dengan proposal, diharapkan tidak hanya dari sektor infastruktur saja, tetapi bisa juga dari sektor-sektor lainnya dan perlu di benahi kembali”,Tutup .H.Kamar .
Hadir dalam acara pembukaan Musrembang Kecamatan Selayar, Camat Selayar H.Abd.Kamar,”Asisten I Pemkab Lingga Drs. Junaidi Adjam yang mewakili Bupati Lingga, perwakilan beberapa OPD, Kades Penuba M.Syafri, Kades Penuba Timur Ilyas, Kades Selayar Miskar Hidayat, Kades Pantai Harapan Firman, Kapolsubsektor Penuba, serta unsur TNI AL Pos Penuba, pihak Basarnas Pos Penuba, Mui Kecamatan Selayar, tokoh Agama dan tokoh masyarakat.(Rilis/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


9 + nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top