Ormas Melayu Pulau Singkep ( MPS) Berharap Pemkab Lingga ,Lakukan Fogging ( Penyemprotan ) Kesetiap RW/RT

KL – Mengingat Daerah Dabo Singkep Kabupaten Lingga sering di guyuran hujan sehingga di kuatirkan akan terjadinya penyakit Demam Berdarah (DBD). Rabu (12/10/2022).
Ormas Melayu Pulau Singkep (MPS), melalui Ketua “Marbeska dalam setuasi curahan hujan yang sering terjadi di Dabo Singkep. Melayu Pulau Singkep berharap kepada pemerintah Kabupaten Lingga, untuk segera mengambil tindakan yang tepat dan cepat dalam mewaspadai timbulnya virus demam berdarah kepada masyarakat luas.
“Jika sudah menyangkut Demam Berdarah (DBD) yang memang menjadi wabah suatu wilayah. Semprotan hanya bisa di rumah yang tidak akan memberikan perlindungan yang maksimal,” ucapnya.
“Untuk itu kami dari Ormas Melayu Pulau Singkep (MPS) berharap kepada pemerintah khusunya dinas terkait segera dilakukan Aksi fogging, setidaknya ditingkat RT/RW. Fogging merupakan salah satu tindakan pengasapan yang dinilai paling efektif membunuh nyamuk, lanjut dia
. di daerah yang padat penduduknya jarak antara rumah dan sangat dekat, begitu juga banyak pelepah-pelepah daun yang tergenang air, begitu juga dengan kantong-kantong plastik, kaleng bekas, dan parit, drainase yang tergenang airnya, ini sangat memudahkan nyamuk DBD untuk berkembang biak, tambah ia lagi.
Fogging atau pengasapan biasanya diselenggarakan oleh pemda setempat. Fase penularan DBD yang sangat sederhana, yaitu melalui nyamuk aedes aegypti. Penderita DBD tersebut akan menginfeksi nyamuk yang mengigitnya. Nyamuk yang telah terinfeksi akan membawa virus ke orang-orang sekitarnya melaluinya,” pungkasnya. .
“Jenis demam berdarah memang memiliki sifat multiple bite, menyebabkan dia akan terus mencari mangsa untuk digigit sampai ia merasa kenyang. Itulah alasan mengapa demam sering dialami beberapa orang dalam satu rumah atau satu kampung sekaligus,” jelasnya.
Pesan Ketua MPS Marbeska,” disini juga
perlu kita waspada bersama begitu perlunya kebersihan di lingkungan seputaran kita, halaman rumah, halaman kantor dan begitu juga dengan didalam rumah kita. Kita semua selalu berdo’a agar penyakit berdarah tersebut tidak mampir di daerah kita Kabupaten Lingga tutup,” Ketua MPS.( Rilis/ Redaksi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


5 + satu =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.