Sunday , 21 July 2019
Kabar Ticker

Tim Direktorat Kebudayaan Kemendikbud pusat , Verifikasi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Lingga

KL – Tim.Direktorat Kebudayaan Kemendikbud yang dipimpin Binsar Simanulang , kasubdit Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) beserta ibu Syamsidar Isa, salah seorang tim ahli WBTB pusat turun ke Kabupaten lingga untuk melakukan verifikasi usulan WBTB yang diusulkan oleh Pemkab lingga dan Prov kepri agar supaya dapat ditetapkn sebagai WBTB Indknesia th 2019.
Kedatangan Tim yang berasal dari Pusat ini didampingi oleh , kasie Tradisi Disbud Prov kepri, Raja eliza beserta 2 orang staf dan juga dari balai pelestarian nilai budaya kepulauan Riau.
Direncanakan Kegiatan Verifikasi WBTB di kabupaten lingga,akan dilakukan selama 3 hari kerja, yaitu dimulai tgl 25 s/d 27 jun 2019.
Kedatangan Tim verifikasi usulan WBTB dari pusat dan Provensi ini disambut secara Adat Melayu oleh pengurus LAM dan Disbud kabupaten lingga yang kemudian dilanjutkan, makan berhidang di balai LAM Kepri Kabupatrn lingga. Selesai makan berhidang dilanjutkan, dengan pertemuan.yang langsung dipimpin olrh Kepala Dinas Kebudayaan Lingga M.Ishak .
Dalam samabutanya Kasubdit WBTB Direktorat Kemendikbud Kebudayaaan Pusat mengatakan, ucapan terimah kasih atas sambutan dengan kedatangannya ke kabupaten lingga untuk melakukan verifikasi 18 WTBT yang diusulkan Kepri ke pusat atas usulan Pemerintah Kabupaten lingga.
Selanjutnya Ia menambahkan” Sebenarnya Jumlah yang diusulkan Kabupaten lingga pada tahun ini ada 42 WTBT, 1 WTBT ditangguhkan dan 18 perlu diverifikasi, selebihnya cukup hanya direvisi.
Dan yang perlu ditinjau langsung oleh tim untuk diverifikasi WTBT adalah jenis makanan ,Kain dan kintau. Untuk makanan berupa jenis kue Pengantin , seperi kue pasir Neraka, kue Rumput Surga , Bolu Berendan dan lain lainya , untuk jenis kain, kain batik lingga dan kintau.
Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Lingga M.Ishak dalam sekapur sirihnya , Mengatakan sangat berterima kasih banyak kepada tim yang telah turun langsung untuk melihat dan memverifikasi apa yang telah kami usulkan dan diharapkan bila ada kekurangan masih ada waktu untuk memperbaiki dan Kadis Budaya ini juga berharap sekali tahun 2019 ,usulan WTBT dari Prov- Kepri khususnya usulan dari Kabupaten lingga menjadi WTBT ditetapkn paling banyak.
Tahun 2019 ini Kabupaten lingga mengusulkan terbanyak WTBT dengan jumlah 41 WBTB ,dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lainya di Kepri.( Sam).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


five × = 5

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top