Thursday , 27 January 2022
Kabar Ticker

Tingkatkan Ekonomi, Kades Kelombok Bangun Keramba Permanen di Pesisir Di Desa Kelombok 

KL – Untuk Memajukan perekonomian masyarakat Desanya , Kepala Desa Kelombok Kecamatan lingga membangun keramba ikan di pesisir Laut Kelombok menggunakan Dana Desa (DD) Tahun 2018.
Idrus Kepala Desa Kelombok Kecamatan Lingga mengaku, kebijakan itu di buat karena masyarakat Kelombok menggantungkan hidupnya dari laut, sehingga dia memanfaatkan anggaran desa buat masyarakat.
“Memang itu sudah menjadi buah pemikiran saya buat lapangan kerja masyarakat. Dengan anggaran yang ada, kita buat secara permanen dan tidak lagi menggunakan kayu,” terangnya, Selasa
Pengakuannya, pembangunan keramba berukuran 100 Meter x 5 Meter tersebut dibuat empat petak yang terdiri dari 20 lobang, yang akan di kelola masyarakat secara berkelompok nantinya, sekarang ini pengerjaan Keramba ini sudah 70 persen ,Mudah-mudahan sebelum Tahun 2018 berakhir pengerjaan ini selesai.
“Sistem pengelolaan keramba ini nantinya perkelompok ,apalagi sekarang kelompoknya sudah ada. Pengelolaan budidaya itu dengan dua jenis ikan, yaitu ikan kerapu nona dan kerapu tiger yang akan di bantu Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kelautan dan Perikanan,” jelasnya.
Keramba yang menelan anggaran Rp520 Juta tersebut dibangun secara permanen dengan membuat tiang keramba menggunakan beton, sekaligus dengan polek keramba.
Masyarakat sangat antusias sekali dan mendukung program yang telah di buat, sambung Idrus, adanya keramba, masyarakat tidak hanya menggantungkan mata pencariannya sebagai nelayan, namun juga mengelola budi daya ikan dengan fasilitas yang telah di sedia oleh Desa.
“Selama ini masyarakat Pulau Kelombok hidupnya tergantung dari hasil Laut . Kalau di darat apa yang dapat di kerjakan. Mayoritas Masyarakat yang bermukim di Kelombok bekerja sebagai nelayan,” tuturnya.
Dia juga menyebutkan, sejak di bangunkannya keramba budidaya ikan oleh pihak desa, DKP Lingga juga akan mensuport pihak desa dengan berjanji akan membangun keramba dari kayu buat masyarakat yang ada di Kelombok.
“Pihak DKP melihat langsung ke lokasi pembangunan keramba. Mereka akan menyerahkan bantuan bibit ikan setelah keramba selesai di bangun. Bahkan pihak DKP juga akan menambah keramba ikan, yang terbuat dari kayu, meskipun tidak permanen seperti yang di buat oleh desa,” tukas Idrus menirukan bahasa dari pihak DKP yang melihat langsung pembangunan keramba ikan di Desa Kelombok yang masih dalam tahap pembangunan.
Begitu juga halnya dengan kepala DKP cabang Dinas Provensi yang berkantor di Dabo Singkep , Iskandar sangat memberikan aprisiasi dengan adanya terobosonan yang di lakukan oleh kepala Desa kelombok ini dan Dinas FKP cabang Provensi ini Akan mengarahkan Tenaga penyuluh dari Provensi dan sekaligus membina dan memantau perkembangan usaha pengelohan keramba ikan yang ada di Desa Kelombok Kecamatan Lingga ini. (mrs/Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


9 + six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top