Friday , 29 October 2021
Kabar Ticker

UN Berjalan Baik,Mentri Apresiasi Pelaksanaan UN Di Lingga Yang Jujur

Pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SMA,SMK,MA Sederajat Di Kabupaten Lingga

Pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SMA,SMK,MA Sederajat Di Kabupaten Lingga

Dabo KL- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) disejumlah sekolah tingkat SMA, SMK, MA sederajat di Kabupaten Lingga berjalan Baik, Kabupaten Lingga ternyata memperoleh indeks kejujuran tertinggi dari 52 kabupaten/kota se-Indonesia yang masuk kategori jujur dalam mengerjakan soal UN, karena kejujurannya dalam melaksanakan Ujian Negara (UN) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan.

Ketua Panitia UN Kabupaten Lingga Rahmat Surya Siregar menyampaikan, sebanyak 1005 siswa-siswi se-Kabupaten Lingga, mengikuti UN Tahun 2015, yang terdiri dari, SMA sederajat 756 Siswa, SMK sederajat 185 Siswa, dan MA sederajat 64 Siswa. Dalam pelaksanaan UN tahun ini ada dua tipe yakni Computer Based Test (CBT) atau Online dan Paper Based Test (PBT) atau tertulis. Di Kabupaten Lingga sendiri masih menggunakan sistem PBT, karena untuk menggunakan sistem CBT banyak yang harus disiapkan sebelumnya.

Anies di Jakarta, Rabu (15/04/2015) mengatakan, Tahun ini UN tidak dikaitkan dengan syarat kelulusan. Anies mengatakan akan memanggil kepala sekolah dan kepala dinas dari daerah yang indeks kejujurannya tinggi untuk berdiskusi demi meningkatkan kejujuran siswa dalam mengerjakan soal UN, tapi bukan untuk memberi penghargaan. Melakukan hal jujur itu normal. Masa yang normal harus dikasih reward? Justru yang sekarang ini banyak yang tidak jujur, karena itu kita akan fokus pada kejujuran,” imbuh Anies.

Anies mengumumkan 52 kabupaten/kota yang indeks kejujurannya mencapai 90. Artinya, 90% siswa di wilayah itu sudah menjalankan UN dengan jujur.

52 kabupaten/kota itu, yakni Lingga, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Pangandaran, Sukabumi, Kota Bogor, Banjarnegara, Cimahi, Banyumas, Blora, Cilacap, Karanganyar, Kebumen, Klaten, dan Magelang. Lalu, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sukoharjo, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Kota Magelang, Salatiga, Surakarta, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Yogyakarta, Kayong Utara, dan Mahakam Ulu.
Daerah dengan indeks kejujuran lainnya, adalah Lombok Utara, Ende, Flores Timur, Lembata, Sikka, Banggai Laut, Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Dogiayi, Intan Jaya, Memberamo Raya, Membramo Tengah, Nduga, dan Puncak.(Rie)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


7 × = fourteen

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top