Sunday , 17 October 2021
Kabar Ticker

Wisuda Imunisasi Dasar Lengkap , Balita Di Kecamatan Selayar.

KL – Puskesmas Penuba Kecamatan Selayar Kabupaten Lingga Provinsi Kepri, memiliki cara unik untuk memenuhi cakupan imunisasi di wilayah kerjanya. Setiap bayi yang telah diimunisasi dasar lengkap,
akan diberi piagam penghargaan sebagai tanda telah diwisuda oleh pihak Puskesmas.
“Ada 50 anak dari setiap Posyandu yang ada dikecamatan Selayar Kabupaten Lingga yang di wisuda. Wisuda imunisasi dasar lengkap ini tujuannya adalah sebagai upaya memberikan reward kepada orang tua yang telah memberikan imunisasi dasar lengkap kepada anak-anaknya, sesuai tahapan usianya,” ujar Kepala Puskesmas Andra Wirawan .AMK. saat mewisuda puluhan anak yang berasal dari 4 Desa Posyandu dikecamatan Selayar.
Dikatakannya, wisuda imunisasi merupakan arahan dari World Health Organization (WHO) terkait pendampingan imunisasi dasar. Adapun kategori anak yang mendapatkan wisuda adalah anak yang sudah mendapatkan imunisasi dasar lengkap. Dimulai dari hepatitis B yang didapat saat lahir atau setelah lahir di fasilitas kesehatan, sampai imunisasi campak sembilan bulan.
“Artinya kalau anak sudah mengikuti tahapan imunisasi hepatitis B sampai imunisasi campak, maka dia bisa mendapatkan wisuda imunisasi dasar lengkap. Tetapi, bukan berarti proses imunisasi terhenti di situ, karena masih ada imunisasi lanjutannya yaitu imunisasi 1,5 tahun hingga 2 tahun yaitu campak booster dan DPT booster,” katanya.
Sementara itu,Kepala Desa Pantai Harapan Zamir, mengaku senang dan bangga warganya telah dilengkapi imunisasi dasar. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Penuba khususnya kader Posyandu atas berlangsungnya kegiatan wisuda imunisasi ini ( 28/12/2019)
Wisuda Imunisasi Dasar Lengkap ini, didampingi oleh Camat selayar dan kepala Desa se- kecamatan Selayar. Kegiatan ini melibatkan Lintas Sektor se -Kecamatan Selayar.
Adapun Anak yang diwisuda berasal dari
Desa Penuba 28 Anak
Desa Pantai Harapan 5 Anak
Desa Penuba Timur 7 Anak
Desa Selayar 10 anak.
Wisuda Imunisasi Dasar Langkap ini merupakan baru pertama kali Dilaksanakan di Kabupaten Lingga.(Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ 1 = five

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top