Angka Kematian Ibu Melahirkan Terus Diminimalkan

Anka Kematian Ibu Melahirkan Menurun

Dabo KL- Berbagai upaya terus dilakukan untuk mencapai tujuan program kesehatan Pemkab Lingga melalui Dinas Kesehatan, tak terkecuali untuk meminimalkan angka kematian ibu melahirkan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Lingga pada tahun 2014 ini terhitung Januari hingga Oktober hanya ada dua kasus kematian ibu melahirkan.

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten  Lingga,  dr Ignatius Luti, Jum’at (31/10/2014),mengatakan, setiap tahunnya terjadi penurunan angka kematian ibu melahirkan di kabupaten Lingga, tercatat pada tahun 2012 terjadi Tujuh  kasus dan 2013 angka kematin ibu hamil didapati hanya lima kasus.

Diingatkan Luti, Sebagai daerah kepulauan, keterbatasan informasi dan transportasi merupakan kendala tersendiri, Untuk itu, tugas penting bagi tenaga kesehatan untuk terus mengingatkan kesadaran tentang kesehatan bagi ibu-ibu hamil di wilayah kerjanya.

Tidak cukup Ibu hamil yang harus mengerti tentang bagaimana mengerti kesehatan ibu hamil, bahkan pada suami harus siap siaga, bahkan Dinas Kesehatan sendiri telah memiliki program pentingnya Desa Siaga.

Luti berharap, program kesehatan Pemkab Lingga Salah satunya yaitu peningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan peningkatkan kemampuan petugas kesehatan terus berlanjut, selain itu Masyarakat harus berperan serta untuk menyukseskan program Perilaku hidup sehat dan mengikuti program KB harus tetap dipertahankan.(Rie)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


+ 7 = dua belas

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.