Wednesday , 28 July 2021
Kabar Ticker

E – KTP BELUM TEREALISASI, DISDUK CAPIL OPTIMIS E – KTP BERHASIL

Kl – Lingga, Program E – KTP tahun 2012 di kabupaten Lingga, hingga masuk bulan ke – 5 tahun 2012 ini, belum juga terealisasi. Walaupun sosialisasi yang berupa spanduk dan banner yang di pasang oleh Disduk Capil tentang persyaratan pembuatan e – Ktp, telah di pasang di beberapa kantor pelayanan masyarakat, mulai dari desa hingga ke – kecamatan. Namun hingga saat ini pembuatan KTP masih menggunakan KTP siak. Menurut kabar e – ktp ini terkendala alat.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Disduk Capil, Ajis My ditemui di kantornya mengatakan program e – ktp di Lingga tahun 2012 ini akan segera dilaksanakan dan beliau optimis program ini akan berhasil. Tahun 2011 yang lalu disduk capil telah melaksanakan beberapa program sosialisasi pembuatan e – ktp dan pada tahun ini disduk capil akan kembali melaksanakan pemutakhiran data dengan tahapan yang telah ditentukan. Imbuhnya Senin, 30/04

“ saya optimis program e – ktp di lingga akan berhasil “ imbuhnya

Menurut penjelasan Ajis, pemutakhiran data ini akan dilakukan dengan tiga tahap yang pertama, Pemutakhiran data secara reguler dilakukan melalui pelayanan dafduk dan capil sesuai dng Perpres No.25 Th. 2008, kedua Pemutakhiran data secara massal dilakukan oleh Disdukcapil Kab/Kota bersama aparat Kec, Desa/Kelurahan, RW,RT dan kepala keluarga, ketiga Verifikasi & Validasi dalam pemutakhiran data kependudukan.

Selain itu menurut ajis, untuk persiapan e – ktp di daerah lingga sendiri sudah seratus persen, saat ini pihak disduk capil hanya menunggu persiapan dari pemerintah pusat selaku penyelenggara e – ktp. imbuhnya

E – KTP sendiri merupakan program pemerintah pusat, berdasarkan Perpres  No. 26 Tahun 2009 Tentang Penerapan KTP berbasis NIK secara nasional Perpre nomor 35 tahun 2010 Tentang perubahan atas Perpres No. 26 tahun 2009 tentang penerapan kartu tanda penduduk berbasis nomor induk kependudukan secara nasional. (KL – Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


− three = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top