Friday , 29 October 2021
Kabar Ticker

KASUS KEMATIAN IBU DAN ANAK MASIH TERJADI DI LINGGA

KL – Kasus kematian ibu dan anak masih terjadi di kabupaten Lingga, Hal ini disebabkan kurangnya peran keluarga dalam menjaga kesehatan semasa hamil, hal itu diungkapkan Mas’ah kepala bidang promosi kesehatan keluarga dan gizi dinas kesehatan kabupaten lingga, pada saat pertemuan audit Maternal dan Prinatal yang diselenggarakan Provinsi Kepri di Hotel Prima Inn, Kamis(07/04/16).

Berdasarkan data ditahun 2015 terhitung dari Januari hingga desember angka kematian ibu saat melahirkan masih terdaftar 1 kematian di Kabupaten Lingga, angka ini sudah sangat minim dan terbilang baik, dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya. Ucap Mas’ah.

Sedangkan untuk angka kematian bayi pada umur 0-28 hari, masih terjadi 8 kasus. Sementara untuk bayi berumur 0-59 bulan 10 kasus kematian. Dan ditahun ini ditargetkan Dinas Kesehatan menargetkan Tidak terjadi Lagi kematian Ibu dan bayi. Untuk itu, dalam menekankan angka kematian ibu dan bayi sangat penting bagi ibu pemeriksaan dirinya saat sedang hamil.

Sementara itu, dr Ignasius Luti MPH kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, yang turut hadir dalam audit ini menghimbau kepada ibu-ibu yang sedang hamil agar sesegera mungkin memeriksakan kesehatanya.

”Mulai dari awal kehamilan segera periksalah kesehatan ibu dan bayi supaya kualitasnya bagus. .Selain itu ia juga menghimbau untuk terus ber KB, itu bagus untuk kesehatan ibu dan anak,” katanya( JOE/Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ 8 = sixteen

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top