Thursday , 26 May 2022
Kabar Ticker

Server Imigrasi Rusak, Pembuatan Pasport Lingga Terhenti Sementara 

KL- Rusaknya server induk layanan pembuatan pasport di Kantor Imigrasi Kelas III Dabo Singkep terhenti sementra waktu, dan sedikitnya 20 orang telah tercatat di dalam daftar tunggu untuk pembuatan pasport.
Farid Apriandi SH MSi, Kepala Sub Seksi Informasi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas III Dabo Singkep, menyampaikan, rusaknya server sejak 25 Oktober lalu, akibat disambar petir, memaksa pihak imigrasi menghentikan sementara waktu pembuatan pasport warga.kabupaten lingga
“Kami sudah berupaya menggantikannya dengan cara meminjam server di Kantor Imigrasi lain, tapi model server yang kami gunakan model lama dan tidak cocok dengan server imigrasi lain,” jelasnya, Selasa (19/20).
Pengakuannya lagi, pihaknya telah berupaya melakukan pembelian server yang baru agar pelayanan pembuatan pasport bisa dilakukan kembali. Akan tetapi pihak pemenang tander pengadaan alat senilai lebih dari Rp300 juta tersebut tidak dapat memenuhi permintaan server yang dibutuhkan, pada akhirnya kontrak dibatalkan.
“Pemenang tender pengadaan server ini beralasan bahwa produksi server untuk kebutuhan kantor Imigrasi, baru ada dalam tiga bulan berikutnya. Atas kondisi ini, pihak imigrasi Dabo telah memberi pemberitahuan kepada semua instansi di Kabupaten Lingga dalam rapat koordinasi Forum Kerjasama Perangkat Daerah (FKPD),” jelasnya.
Katanya lagi, dalam setiap forum yang digelar, Imigrasi Dabo mengimbau jika ada masyarakat yang ingin membuat pasport untuk datang ke kantor Imigrasi yang berada di Kota Batam atau Tanjungpinang.
“Kami telah berkoordinasi dengan kantor-kantor imigrasi lain terkait kondisi ini. Nantinya bagi warga Lingga yang akan membuat pasport di daerah lain tidak perlu ada surat domisili yang tercantum dalam persyaratan pengurusan, karena KTP yang digunakan tidak di daerah Kantor Imigrasi itu sendiri,” imbuhnya. (mrs/Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


4 × nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top