Tuesday , 15 June 2021
Kabar Ticker

Bayi Lahir Dengan Berat 900 Gram

KL – Lingga, Baru – baru ini sekitar satu bulan yang lalu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dabo, Kabupaten Lingga berhasil selamatkan bayi prematur yang dengan berat hanya 900 gram.

Bayi yang diberi nama Sausan Fathila Putri, merupakan anak ketiga dari pasangan Arjoni dan Osmarida dilahirkan  pada 26 Desember 2011 yang  lalu, hingga hari ini 03/02 usia bayi ini telah berumur 36 hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga dr Ignasius Luti, mengatakan,”Ini kasus yang jarang terjadi, lantaran biasanya dalam kasus kelahiran prematur dengan berat kurang dari 1 kilogram sangat jarang selamat,” kata dia.

Sementara itu, dokter spesialis anak di RSUD Dabo H.M.Risqa  diruang perawatan bayi tersebut  menjelaskan.  perawatan terhadap bayi yang kurang berat badanya terus ini akan terus dilakukan sampai sang bayi benar-benar stabil. “Organ vitalnya belum sempurna, biasanya bayi lahir seperti ini selalu mengalami gangguan pada mata dan di dalam kasus kelahiran bayi prematur sangatlah jarang bisa bertahan, dikarenakan penyebabnya kebanyakan si bayi mengalami sesak nafas karena kondisi paru-parunya lemah,” kata Risqa.

Risqa menjelaskan semenjak melahirkan pada satu bulan lebih yang  lalu sampai saat ini  bayi itu ditempatkan di dalam  inkubator agar kondisinya tetap stabil.

“Stabilitas suhu juga harus dijaga antara 30,5 sampai dengan 37 derajat celsius. Alhmadulillah kondisinya stabil dan membaik tidak ada gangguan yang berarti, sampai sekarang usia anak tersebut sudah  satu bulan lima hari,” kata Evariansi, kepala ruang perawatan anak. ( Red )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


3 − = one

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top