Desa Penuba Miliki Rumah Tunggu

logonewDabo, KL – Rumah tunggu yang diperuntukan bagi hamil saat menunggu kehamilan, telah berada di Desa Penuba, Kecamatan Selayar Kabupaten Lingga.

Kebaradaan rumah tunggu tersebut atas kerja sama Kepala Puskesmas dan masyarakat desa penuba, “Bagi ibu-ibu hamil yang menunggu kelahiran bayi mereka bisa tinggal di rumah tunggu tersebut tanpa dipungut biaya apa pun,” ucap Mas’ah, Kabid Promosi, Gizi dan kesehatan keluarga, Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, Rabu (14/5) di Hotel Gapura Singkep, disela-sela kegiatan sosialisasi Desa Siaga.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya Rumah tunggu merupakan salah satu dari program desa siaga, hanya saja rumah tunggu kusus diperuntukkan bagi ibu hamil yang menunggu kelahiran, karena pera ibu hamil yang menginap disitu akan ditangani oleh bidan Puskesmas, karena dengan adanya kerja sama Puskesmas.

“Desa Penuba, Kecamatan Selayar merupakan satu-satunya desa di Kabupaten Lingga yang memiliki rumah tunggu, tentu kita memberikan apresiasi yang baik desa tersebut, karena hal itu bisa menjadi contoh bagi desa lain, untuk membuat hal yang sama,” terang Cepa, sapaan Mas’ah.

Terakhir Cepa menuturkan, bila disetiap desa di Kabupaten Lingga mempunyai rumah tunggu tentunya akan sangat membantu masyarakat kususnya ibu hamil.

“Karena bagi para ibu hamil yang rumah mereka berada jauh dari Puskesmas mereka dapat tinggal di rumah tersebut saat menunggu melahirkan tanpa mereka harus pulang pergi ke puskesmas sementara belum saatnya melahirkan, dan yang terpenting mereka tidak merasa kuatir dengan biaya karena di rumah tunggu mereka tidak kenan biaya apapun,” imbuhnya.

(Puspan).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


3 + = empat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.