Dinsosnakertrans Lingga Berikan Pelatihan 34 Orang Tagana

Foto : Acil Muslim saat memebrikan sambutan kepada para peserta
Foto : AcilMuslim saat memebrikan sambutan kepada para peserta
Foto : Acil
Muslim saat memebrikan sambutan kepada para peserta

Dabo, KL – Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga, menggelar pelatihan kepada 34 orang Taruna siaga bencana (Tagana) Kabupaten Lingga, yang pelaksanaannya selama dua hari, 16-17 mai 2014 di hotel Gapura Singkep dan Pantai Indah Sergang laut, Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep.

Lians Dwi Santi, PPTK pelaksanaan kegiatan pelatihan Tagana, dalam laporannya. Pelatihan tanggap cepat darurat dalam penanggulangan bencana di Kabupaten lingga, merupakan salah satu upaya menampung aspirasi pemuda, yang ingin berperan aktif dan berpartisipasi dalam menanggulangi berbagai bencana yang terjadi, di berikan pelatihan ini terhadap 34 orang tagana, agar mereka selalu siap dan cepat tanggap saat terjadi darurat bencana.

Bacaan Lainnya

“34 orang tagana ini di rekrut dari berbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten lingga, yakni, Kecamatan, Senayang 5 orang, Lingga Utara 6 orang, Lingga 10 orang, Singkep Barat 6 orang, dan Kecamatan Singkep 7 orang,” ujar Dwi, Jum’at (16/5).

Sementara itu Kepala Dinsosnakertrans, H. Muslim, dalam sambutannya yang sekaligus membuka pelatihan Tagana, Pelatihan yang di berikan ini dengan harapan Tagana kita selalu siap dalam menanggulangi berbagai bencana alam, karena para tagana harus selalu siap pada saat terjadi bencana di berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Lingga.

Dalam pelatihan ini tidak hanya materi yang diberikan, namun kita akan berikan pelatihan praktek lansung saat terjadi bencana, yang mengambil tempat pantai sergang, desa tanjung harapan, disitu mereka dilatih bagaimana mengevakuasi warga dan lain sebagainya saat terjadi bencana, walau pelatihan yang diberikan hanya dua hari, namun diharapkan para tagana mengerti dan paham serta dapat dipraktekkan nantinya.

“Dan kita bersyukur pada tahun 2014 ini mendapat bantuan satu unit mobil dan ruberboat guna menunjang kinerja tagana itu sendiri,” imbuhnya.

(Puspan).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


8 − = nol

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.