Monday , 2 August 2021
Kabar Ticker

e – KTP LINGGA MASIH TERKENDALA PERALATAN

Kl – Lingga, Dinas kependudukan dan catatan Sipil Kabupaten Lingga masih terkendala peralatan dari Pusat untuk pembuatan e – KTP. Kabupaten Lingga di Jadwalkan tahun 2012 ini akan menerapkan pembuatan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E – KTP). Namun hingga hampir pertengahan tahun ini, pelaksanaan pembuatan E – KTP di Lingga belum juga terdengar. Bahkan untuk pembuatan KTP di Kantor Disdik Capil masih menggunakan KTP Siak.

Menurut Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, beberapa waktu yang lalu ditemui media di kantornya mengatakan, Kabupaten Lingga masuk dalam kelompok 300 kabupaten yang e – KTP nya di targetkan tuntas pada Oktober 2012 ini. Dirinya optimis target yang diberikan Pemerintah Pusat Kepada dinas yang di dudukinya sekarang akan terlaksana sesuai target.

“ saya optimis pelaksanaan  e – KTP di Lingga akan berjalan sesuai target, mengingat kesiapan pendataan di daerah sendiri saat ini sudah berjalan dari tahun lalu “ imbuhnya

dari keterangan salah satu staf di dinas terkait menuturkan, pihaknya saat ini telah berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi target yang ditetapkan bulan Oktober 2012 ini, namun peralatan yang menjadi pendukung pembuatan e – KTP yang merupakan Tanggung Jawab Kementerian Dalam Negeri hingga kini belum dikirim.  Tidak hanya itu, pelatihan operator pun, hingga kini belum dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Ia mendapat kabar, bahwa persoalan alat dan pelatihan Operator ini, akan dilaksanakan pada akhir Mei bulan ini. Dan dari info yang beredar katanya alat tersebut sekrang dalam proses administrasi dengan Instansi vertikal di bidang perhubungan.

“ Di daerah sendiri kami sudah siap, sekarang menunggu peralatan dari pusat dan pelatihan operator juga akan kami laksanakan jika peralatan sudah tiba, untuk peralatan pihak kami sudah mengecek ke tempatnya langsung, namun masuih terkendala administrasi, tuturnya di sela – sela kegiatan pelaksanaan Sosialisasi pelaksanaan e – KTP.

Meski kewajiban Pemerintah pusat diantaranya pengiriman alat dan pelatihan operator belum dilakukan, tugas Dinas Dukcapil telah usai. Tugas-tugas tersebut, seperti persiapan jaringan dan pendataan wajib KTP. Untuk  Anggaran yang di siapkan dari DPA Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pada kegiatan Penerapan e – KTP (KTP Elektrik) sebesar 2,074 miliar lebih. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


three × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top