Wednesday , 23 June 2021
Kabar Ticker

QURBAN DI HARI KE – 2 IDUL ADHA

LINGGA, Pelaksanaan hari raya idul adha, selalu di barengi dengan ibadah pemotongan hewan qurban. Pada tahun ini beberapa masjid, surau dan beberapa instansi melaksanakan pemotongan hewan qurban di hari kedua Idul Adha, hal ini dikarenakan Idul Adha 1433 H, jatuh pada hari jumat. (26/10/12).

Surau Al-kautsar yang berada di dekat Kediaman kapolres Lingga misalnya, surau ini akan melaksanakan pemotongan hewan qurban pada hari kedua idul adha tepatnya hari sabtu. Panitia qurban beralasan pada hari pertama idul adha yang jatuh pada 26 oktober 2012 tepatnya hari jumat, tidak memungkinkan untuk melakukan pemotongan hewan qurban. Hal ini dikarenakan panitia yang rata –rata adalah kaum adam (laki-laki) pada hari jumat seperti biasanya akan melaksanakan ibadah sholat jumat, sehingga kuatir waktu untuk penyembelihan dan pembagian hewan qurban memakan waktu yang cukup lama.

Ketua panitia qurban surau alkautsar, Wakisa mengatakan pada tahun ini, surau alkautsar menjagal hewan qurban sebanyak delapan ekor yang terdiri dari tujuh ekor sapi dan satu ekor kambing. Satu ekor lembu/kerbau dari jumlah yang ada merupakan hewan qurban milik kapolres Lingga. Imbuhnya usai pelaksanaan sholat Id Idul Adha Jumat (26/10/12).

“ pada tahun ini kita menyembelih sebanyak tujuh ekor sapi dan satu ekor kambing, pelaksanaannya akan kita mulai besok pagi pukul tujuh, sekaligus pembagian hewan qurban tersebut, “ tuturnya.

Selain di masjid al – kautsar, beberapa masjid/surau/ dan instansi juga akan melaksanakan pemotongan hewan qurban pada hari kedua Idul Adha. Hal ini dilakukan supaya pelaksanaan pemotongan dan pembagian hewan qurban dan terlaksana dengan optimal dan tidak memakan waktu yang lama.

Salah satu peternak kerbau dan kambing di Singkep, Darto mengatakan pemesanan hewan qurban biasanya dilakukan jauh hari sebelum pelaksanaan qurban. Dan pada tahun ini jumlah pemesan cukup tinggi, sehingga dirinya mengaku tidak dapat memenuhi semua permintaan. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


− 2 = one

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top