Thursday , 23 September 2021
Kabar Ticker

TAK MILIKI DASAR HUKUM MITRA CAPIL AKAN DIHAPUS, RT / RW TAK DAPAT GAJI TAHUN 2013

LINGGA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lingga, pada tahun ini hanya membayar Gaji Insentif Mitra Capil sampai pada triwulan ke – 3. Untuk insentif triwulan ke – 4 Kadisduk capil mengungkapkan tidak akan membayar gaji Mitra Capil tersebut. Selain itu pada tahun 2013 nanti Insentif Mitra Capil dan RT/RW kemungkinan tidak dapat dibayar dari pos anggaran Disdukcapil.

Kepala Disdukcapil Idrus saat menyampaikan sambutannya ke para Mitra capil dan RT/RW di Gedung Nasional Dabo Singkep, dari salah satu sumber yang hadir pada saat ini mengatakan bahwa Kepala Disdukcapil tersebut mengatakan hanya akan membayar, gaji Mitra capil dan RT/RW hanya pada triwulan ke – tiga untuk triwulan ke – Empat atau terakhir tidak akan dibayar.  Kepala Disdukcapil ini mengatakan, bahwa pengangkatan Mitra Capil tersebut tidak memiliki dasar hukum yang kuat. Untuk itu Kepala Disdukcapil mengatakan, jika ada Mitra yang keberatan dengan pembubaran tersebut, dirinya mengarahkan agar Mitra tersebut mendatangi Kepala Disdukcapil yang mengangkat, yang dulunya dijabat oleh Abu Hasim Yang saat ini menjabat sebagai wakil Bupati Lingga.

“ kata pak Idrus kami diminta menemui pak abu, karna pak abu yang dulu mengangkat kami, waktu kami datang ke rumah pak abu, beliau malah tidak di tempat pak “ imbuh salah satu sumber

Sekretaris Disduk Capil Ajis MY ketika dikonfirmasi mengenai hal ini, mengatakan dasar Disduk Capil untuk untuk membubarkan Mitra Capil, karna selama ini di lapangan banyak di temui Mitra Capil bekerja tidak Efektif. Selain itu Ajis mengatakan Anggaran Disdukcapil untuk tahun 2013 ini, mengalami penurunan hampir setengah dari tahun sebelumnya, yaitu sebesar 3,6 milyar rupiah.

Anggaran sebesar itu hanya cukup untuk melakukan kegiatan pada skala prioritas yaitu pelayanan terhadap masyarakat dan administrasi kantor. Ditanya mengenai tidak dibayarnya Insetif pada triwulan ke – empat ini, Ajis mengatakan hal ini dilakukan mengingat anggaran Disdukcapil di pangkas sekitar satu Milyar.

“ Anggaran kita dipangkas 1,6 M oleh tim Anggaran Kabupaten Lingga,ini tentu saja tidak cukup untuk membayar Insentif Mitra dan RT/RW “ imbuhnya .

Jumlah Mitra Capil se – Kabupaten Lingga sebanyak 237 orang dan separuhnya sekitar 50 orang akan digunakan untuk petugas register. Adapun gaji insentif yang diterima mitra capil satu bulannya sekitar 300 ribu rupiah, dalam satu triwulannya mitra mendapat 900 ribu rupiah. Artinya dalam setahun Disdukcapil akan mengeluarkan anggaran sebesar hampir 1 milyar rupiah. Hal sudah berlangsung sejak dibentuknya mitra capil pada tahun 2007 oleh Disdukcapil Lingga pada waktu itu dijabat oleh Abu Hasim yang saat ini menjabat Wakil Bupati Lingga. (fess)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


eight − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top