Thursday , 24 June 2021
Kabar Ticker

STUDI BANDING 23 ORKEMAS KUNJUNGI DOMPET DHUAFA DAN DPD RI

Lingga, Kegiatan studi banding Orkemas Kabupaten Lingga ke Jakarta, memberikan kesan positif bagi beberapa Orkemas yang mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan yang di programkan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik kabupaten Lingga ini berlangsung selama tiga hari yaitu 4 s/d 6 Juni 2012 dan dilaksanakan di Jakarta.

Kepala Bakesbangpol Lingga Firdaus melalui Kabid Hubungan antar lembaga dan politik, mengatakan. Kegiatan ini merupakan program Bakesbangpol Kabupaten Lingga yang dianggarkan pada DPA Bakesbangpol Lingga melalui APBD. Kegiatan ini bertujuan memberikan pembinaan kepada Orkemas yang di Kabupaten Lingga untuk dapat menjadikan pembelajaran Positif tentang Program kerja salah satu Ormas yang ternama di Indonesia yaitu Dompet Dhuafa.

“  kegiatan ini suatu impelementasi salah satu program kerja Bakesbangpol Lingga, tentang penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik untuk peningkatan kompetisi managerial setiap orkemas demi peninkatan SDM Organisasi Kemasyarakatan Kabupaten Lingga “ tuturnya

Kegiatan ini di ikuti oleh dua puluh tiga Orkemas yang terdafatar di bakesbangpol Lingga dan telah melalui proses Verifikasi pada tahun 2011 yang lalu, hal ini sesuai dengan Permendagri No. 33 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendaftaran Organisasi Kemasyarakatn di Lingkungan Kementerian dalam Negeri dan Pemerintah Daerah dan Permendagri No. 39 tahun 2011 perubahan atas Permendagri No. 44 tahun 2009 tentang pedoman kerja sama Depdagri dan pemerintah daerah dengan Organisasi Kemasyarakatan dan lembaga nirlaba lainnya dalam bidang Kesatuan bangsa dan Politik dalam Negeri.  Tambahnya.

Dalam kegiatan ini Ormas Dompet Duafa mengadakan diskusi dan tanya jawab dengan Orkemas yang mengikuti kegiatan tersebut, selain itu para rombongan juga di ajak berkeliling melihat beberapa aktifitas dari Dompet Dhuafa. Salah satunya dengan melihat secara langsung Gedung Lembaga Pengembangan Insani yang bergerak di Bidang Pendidikan, dengan mendirikan Sekolah Ekselensia Indonesia tingkat SMP dan SMA dan Sekolah Guru Eksenlensia. Selain itu para peserta juga diajak mengunjungi Rumah Sakit yang dinamakan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

Amirul Hasan Communication specialist Dompet dhuafa, mengatakan kedua bangunan tersebut merupakan hasil dari Infaq dan Sedekah para donatur. Untuk sekolah dan rumah sakit yang dibangun dompet dhuafa merupakan Rumah sakit dan Sekolah yang diperuntukan bagi kaum Dhuafa ( masyarakat tidak mampu ), bagi masyarakat yang berobat di rumah sakit ini tidak di pungut biaya apapun, begitu juga bagi pelajar yang bersekolah di sini tidak , namun tetap mendapatkan pembelajaran yang sama dengan sekolah berkualitas lainnya.

“ khusus untuk sekolah ekselensia saat ini kita hanya menerima satu orang perwakilan dari daerah, dan alhamdulillah tahun ini sekolah ekselensia tingkat SMP dan SMA lulus UN seratus persen  dan dilakukan secara jujur tidak ada kecurangan sedikitpun.” Tambah amirul

Selain berkunjung ke Ormas Dompet Dhuafa, Rombongan studi banding pada hari keduanya juga menyampatkan diri berkunjung ke kantor DPR/DPD/MPR RI, yang berada di senayang Jakarta. Dalam  kunjungan ini para peserta menemui anggota DPD asal pemilihan Kepri Hardi Selamat Hood, dan sempat berdiskusi sejenak membahsa masalah isu Nasional dan fungsi dari DPD sendiri. Setelah itu para rombongan juga di berikan kesempatan untuk berkeliling kantor tempat para wakil rakyat berkumpul  itu.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


× 3 = twenty four

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top