Wednesday , 23 June 2021
Kabar Ticker

Bupati Lingga Buka Kemah Hijau

bupti copyLINGGA – Bupati Lingga Daria secara resmi membuka Kemah Hijau yang diikuti ratusan anggota Gerakan Paramuka di Kabupaten Lingga, Jumat (28/6/2013).

Kegiatan yang dilaksanakan Gerakan pramuka Kwartir Cabang Lingga ini diselenggarakan selama tiga hari kedepan sampai 30 Juni 2013, bertempat di Pantai Indah Sergang Singkep dengan mengusung tema Cinta Alam, Bina Diri Terampil dan Mandiri Ditumbuhkembang dan Ditanamkan dalam Kemah Hijau.

Dalam sambutannya, Daria yang juga Ketua Majelis Pembina Kwartir Cabang Lingga menyebutkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan amanat UU nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, sehingga perlu dilakukan revitalisasi gerakan pramuka yang bersifat kreatif, inovativ seiring dengan kondisi berkembang sehingga dapat beermanfaat ditengah masyarakat.

Kegiatan yang melibatkan seratus peserta ini bertujuan mendorong terwujudnya lingkungan yang bersih, membantu ketersedian pupuk didaerah serta mendorong masyarakat dalam bercocok tanam serta memnfaatkan pekarangan dengan sistim polybag yang pada akhirnya dapat menambah pendapatan ekonomi keluarga.

Ketua Panitia Kemah Hijau, Kakak Siswadi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pendidikan pelatihan terapan dalam pengolahan sampah organik dan non organik, limbah rumah tangga menjadi kompos dan pupuk cair.

“Kami mengimbau agar seluruh peserta dapat sungguh-sungguh dan mengambil manfaat dari kegiatan ini sehingga dapt diaplikasikan pada lingkungan masing-masing,” harapnya.
Untuk itu panitia mendatangkan empat narasumber berkompeten di bidangnya dalam kemah hijau ini yaitu; LPSM Bina Daya Kasih Magelang, Kepala Pusat Pengkajian Ekoregion Jawa Yogyakarta, Sentra Mahaki Magelang dan Kwartir Nasional.

Peserta Kemah Hijau ini melibatkan Kwartir Ranting se-Kabupaten Lingga, unsur pramuka penegak, unsur masyarakat, LSM, Pencinta alam dan Lingkungan serta dinas dan instansi terkait seperti, Dinas Perkebunan Kehutanan, BLH, BPMD, Disdikpora dan Badan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Lingga,utusan dari Lanal Dabo, Polres Lingga dan Koramil. (sumber : batamtoday.com )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


9 + seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top